INFOFINANSIAL.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan keprihatinannya atas konflik yang masih terjadi di Myanmar hingga saat ini.

Prabowo Subianto pun mendorong negara-negara ASEAN untuk mencari solusi bersama untuk mengatasi masalah tersebut.

Prabowo Subianto menyampaikan hal itu dalam sambutannya di forum pertemuan menteri pertahanan se-ASEAN, the 17th ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 15 November 2023.

“Di tengah-tengah pertemuan penting ini, kami merasa sedih dengan memburuknya situasi di Myanmar.”

“Indonesia, sebagai ketua ASEAN, terus mendorong kemajuan konkret menuju solusi damai,” ungkap Prabowo Subianto.

Baca artikel lainnya di sini : Buka ADMM, Prabowo Subianto Sebut PBB Perlu Ambil Lebih Banyak Tindakan Cegah Konflik

Prabowo Subianto melanjutkan, Indonesia akan terus mendukung upaya Myanmar untuk mewujudkan perdamaian, stabilitas, supremasi hukum, serta mendorong terciptanya keharmonisan dan rekonsiliasi di antara pihak berkonflik.

Untuk itu, Indonesia mendorong seluruh negara ASEAN untuk duduk bersama dan menemukan solusi damai berkelanjutan untuk menangani situasi yang tengah berkembang saat ini.

“Indonesia mendorong negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk mendukung Myanmar dalam menemukan solusi yang damai dan tahan lama untuk situasi saat ini,” sambung Prabowo.

Baca artikel lainnya di sini : Dijadwalkan Jalani Pemeriksaan di Polda Selasa Ini, Ketua KPK Firli Bahuri Belum Konfirmasikan Kehadirannya

Konflik, kata Prabowo Subianto, berpotensi memberikan dampak negatif bagi setiap negara dan kawasan.

Untuk itu, diperlukan kerja sama serta komitmen bersama untuk mengatasi konflik-konflik yang terjadi saat ini.

“Di era yang serba terhubung secara global ini, kita menyadari bahwa konflik di satu wilayah dapat berdampak besar bagi kita semua.”

“Sehingga menggarisbawahi perlunya upaya bersama baik di tingkat lokal maupun global,” ujar Prabowo Subianto.

Sebagai ketua ADMM 2023, Prabowo berpandangan bahwa pertemuan menteri pertahanan se-ASEAN (ADMM) dan negara mitra (ADMM Plus) ini dapat menjadi katalisator yang kemudian hasilnya dapat diimplementasikan sebagai upaya mewujudkan perdamaian.

“Saya mendorong semua delegasi untuk terlibat dalam diskusi konstruktif, mengeksplorasi solusi inovatif, dan mengidentifikasi langkah-langkah konkret untuk mengatasi tantangan keamanan di kawasan kita,” tegas Prabowo.

“Saya yakin bahwa pemahaman dan komitmen kolektif kita akan membuka jalan bagi komunitas ASEAN yang lebih aman, lebih makmur, dan lebih tangguh,” pungkas Prabowo Subianto.***

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.