INFOFINANSIAL.COM – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus memperkuat program-program yang bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Salah satu upayanya adalah melalui program pemberdayaan masyarakat di destinasi wisata atau yang dikenal sebagai Kawasan Wisata Anak Negeri (Kawan) BNI.

Program pengembangan desa wisata ini telah diterapkan sejak tahun 2022 dan sudah diimplementasikan di berbagai destinasi super prioritas di Indonesia, termasuk di Provinsi Sulawesi Utara (Desa Marinsow), Provinsi Nusa Tenggara Barat (Desa Kuta Mandalika), dan Nusa Tenggara Timur (Desa Cunca Wulang).

Keberhasilan inisiatif ini diakui dengan penghargaan Anugerah Corporate Social Responsibility (CSR) 2023 Republika dalam kategori Pengembangan Wisata, yang diterima secara langsung oleh Direktur Human Capital and Compliance BNI, Mucharom, di Jakarta pada Kamis (26/10/2023).

Program Kawan BNI merupakan upaya yang dinilai menginspirasi dalam mengoptimalkan potensi kawasan wisata.

Pada tahun 2023, BNI bahkan telah memperluas cakupannya ke destinasi di luar daerah destinasi super prioritas dengan melibatkan 17 kantor wilayah BNI di seluruh Indonesia.

Mucharom menjelaskan bahwa program Kawan BNI merupakan bagian dari upaya BNI untuk memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi masyarakat di destinasi wisata.

“Program ini bertujuan untuk memotivasi dan memberdayakan masyarakat desa wisata agar mampu mengembangkan potensi dan kreativitas di wilayah mereka,” ujar Mucharom.

Lebih lanjut, Mucharom menjelaskan bahwa program Kawan BNI memiliki orientasi yang kuat pada pencapaian tujuan berkelanjutan yang terintegrasi dan berdampak positif secara terukur.

Program ini telah berhasil meningkatkan pendapatan dan kondisi ekonomi masyarakat di desa Kawan BNI, sambil juga meningkatkan pemaparan desa dan komunitas tersebut dalam mendukung pertumbuhan bisnis mereka secara profesional.

“Selain itu, BNI juga memberikan pendampingan intensif untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan masyarakat desa Kawan BNI melalui jaringan kantor BNI yang tersebar di berbagai cabang dan wilayah,” tambahnya.

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.