INFO FINANSIAL – Menabung adalah salah satu kebiasaan baik yang harus dilakukan oleh seluruh orang, baik anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa yang sudah bekerja.

Pasalnya, menabung bisa membuat Anda mampu memenuhi kebutuhan yang nominalnya lebih dari jumlah gaji sebulan.

Sebagai salah satu cara untuk mengelola uang agar berkembang, menabung bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Bahkan ada beberapa tips menabung unik yang bisa diadopsi dari negara-negara tertentu. Salah satunya adalah tips menabung ala orang Jepang atau Kakeibo.

Tips Menabung Ala Orang Jepang

Jepang adalah negara yang banyak memiliki keunikan dalam segi budaya dan tradisinya. Bahkan warga Jepang juga memiliki budaya menabung unik yang dikenal dengan istilah Kakeibo. Anda bisa mencoba metode Kakeibo ini untuk mengumpulkan dana tabungan sebulan terlebih dahulu sebelum mencobanya di bulan-bulan berikutnya.

  1. Siapkan Buku Kas Pribadi

Meskipun zaman sudah berkembang, Kakeibo masih mengadopsi metode pencatatan manual seperti pada masa ketika metode ini pertama kali ditemukan, yakni pada permulaan abad ke-20. Anda bisa menggunakan bujo atau bullet journal sebagai buku kas pribadi untuk mempraktikkan metode menabung ala Jepang ini.

  1. Hitung Pendapatan dan Pengeluaran Bersih Bulanan

Anda harus mencatat pendapatan bulanan dan pengeluaran bersih yang Anda habiskan setiap bulannya. Pengeluaran bersih bulanan yang dimaksud di sini adalah pengeluaran yang tidak bisa diganggu gugat, misalnya pengeluaran untuk menyewa tempat tinggal.

  1. Kategorikan Pengeluaran Bulanan

Orang Jepang yang menggunakan metode menabung Kakeibo ini biasanya membagi pos pengeluarannya ke dalam empat kategori. Kategori pertama adalah biaya yang dialokasikan untuk kebutuhan (needs), seperti sekolah, makan, transport, kesehatan, angsuran, dan lain sebagainya.

Pos pengeluaran kedua disisihkan untuk kebutuhan opsional yang Anda inginkan (wants), yang bisa dipenuhi ketika kebutuhan primer sudah terpenuhi, contohnya belanja dan jajan di luar.

Pos ketiga adalah alokasi dana hiburan (culture), mulai dari pulsa untuk membeli paket internet hingga dana untuk liburan. Pos keempat adalah pos untuk kebutuhan tidak terduga (unexpected) atau bisa Anda sebut juga sebagai dana darurat.

  1. Tentukan Tujuan Menabung Bulanan

Jika Anda sudah berhasil menghitung pendapatan dan pengeluaran bersih bulanan, Anda tinggal menentukan nominal dana yang hendak Anda sisihkan untuk ditabung per bulannya.

Cara Atur Uang Belanja

Agar menabung menjadi lebih maksimal, Anda juga harus memperhatikan cara mengatur uang belanja dengan benar. Makin baik manajemen uang belanja Anda, makin banyak pula dana yang bisa disisihkan untuk ditabung.

  1. Jadikan Membeli sebagai Pilihan Terakhir

Kebanyakan orang akan langsung berpikir untuk membeli sesuatu ketika mereka membutuhkannya. Padahal, membeli barang bukan satu-satunya jalan yang bisa Anda ambil jika membutuhkan sesuatu.

Anda bisa mempertimbangkan untuk meminjam sesuatu dari orang yang Anda kenal atau komunitas yang menyewakan barang yang Anda butuhkan itu jika Anda hanya membutuhkan barang tersebut untuk sekali pemakaian.

  1. Menawar Harga

Kalau Anda berbelanja di tempat-tempat yang memungkinkan Anda untuk melakukan penawaran terhadap harga barang yang dijual oleh pedagang, Anda harus jeli untuk meneliti kelayakan produk yang akan Anda beli itu dengan harga yang ditawarkan.

Jika Anda menemukan produk yang sekiranya memiliki kualitas sedikit rendah dibandingkan produk sejenis, maka Anda bisa melakukan negosiasi dengan pedagang untuk mendapatkan potongan harga atas barang yang “minus” tersebut.

  1. Tentukan Waktu yang Tepat

Tips ini bisa diterapkan jika Anda berbelanja barang-barang yang nilainya pasti turun seiring dengan berubahnya tren dan tuntutan di pasaran, misalnya barang-barang elektronik yang tentu akan tergeser dengan teknologi lebih mutakhir di musim berikutnya.

  1. Membeli Barang Diskon

Anda juga bisa dengan sengaja mencari informasi mengenai barang-barang yang sengaja dijual dengan harga miring oleh pedagangnya. Momen ketika pedagang menjual barang dengan harga diskon ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Anda bisa menemukan informasi mengenai harga diskon suatu barang baik di gerai perbelanjaan konvensional maupun online marketplace seperti Blibli.

Sebagai toko online paling terpercaya di Indonesia, Blibli kerap menyediakan promo payday bagi para pelanggan setia. Jadi, jika Anda ingin belanja dengan hemat dan banyak pilihan, Blibli jawabannya!***