BISNIS

Cara Cek Spek Komputer di Windows 10

Ilustrasi seseorang menggunakan Laptop. /Pexels.com/Anthony Shkraba

INFO FINANSIAL – Mengetahui cara memeriksa spesifikasi (spesifikasi) komputer Anda dapat berguna dalam beberapa skenario. Anda mungkin ingin memutakhirkan komputer Anda atau mencari tahu persyaratan sistem untuk program yang ingin Anda instal. 

Untuk cek spek komputer dasar Anda di Windows 10, klik tombol mulai Windows, lalu klik ikon roda gigi untuk Pengaturan . Di menu Pengaturan Windows, pilih Sistem . Gulir ke bawah dan pilih Tentang . Dari sini, Anda akan melihat spesifikasi untuk prosesor, RAM, dan info sistem lainnya.

  1. Klik tombol Mulai Windows. Ini adalah tombol dengan logo Windows di sudut kiri bawah layar Anda.
  2. Kemudian klik Pengaturan. Ini adalah ikon berbentuk roda gigi tepat di atas tombol daya. Selanjutnya, klik Sistem.
  3. Gulir ke bawah dan klik Tentang dari bilah sisi kiri . Di sini, Anda dapat menemukan detail tentang prosesor, RAM, dan info lainnya.

Cara Mengetahui Berapa Banyak RAM yang Anda Miliki

Cara termudah untuk mengetahui berapa banyak RAM yang Anda miliki adalah dengan mengetikkan RAM di bilah pencarian Windows. Kotak hasil pencarian harus mengembalikan hasil untuk opsi Lihat Info RAM . Klik ini untuk membuka jendela Pengaturan Sistem. Di bagian Spesifikasi Perangkat , centang bidang untuk RAM Terpasang.

  1. Klik ikon kaca pembesar di sudut kiri bawah layar Anda.
  2. Kemudian ketik RAM di bilah pencarian Windows. 
  3. Tekan Enter atau klik Lihat Info RAM dari hasil pencarian.
  4. Periksa info yang tertera di Installed RAM. Windows akan memberi tahu Anda berapa banyak RAM yang telah Anda instal dan berapa banyak yang telah Anda gunakan. Anda akan menemukan ini di bawah bagian Spesifikasi Perangkat 

Cara Mengetahui GPU Yang Anda Miliki

Untuk mengetahui unit pemrosesan grafis (GPU) apa yang Anda miliki, ketik Device Manager di bilah pencarian Windows dan tekan enter. Kemudian klik panah di sebelah Display adapters .

  1. Ketik Device Manager di bilah pencarian Windows. Windows akan memuat hasil pencarian bahkan sebelum Anda selesai mengetik istilah pencarian.
  2. Tekan Enter atau klik ikon aplikasi Device Manager yang muncul. The Device Manager ikon aplikasi akan terlihat seperti kamera samping printer. 
  3. Menekan Enter atau mengklik ikon akan membuka jendela Device Manager .
  4. Terakhir, klik panah di sebelah Display adapters untuk melihat GPU apa yang Anda miliki . Entri di bawah Adaptor tampilan menunjukkan GPU apa yang Anda miliki.

Cara Mengetahui Motherboard Apa yang Anda Miliki

Untuk melihat jenis motherboard yang Anda miliki, ketik informasi sistem di bilah pencarian Windows dan tekan enter. Kemudian cari bidang berlabel System Manufacturer dan System Model . Dan untuk itu Anda bisa kunjungi Gravity Evos untuk info penting lainnya.Ini akan memberi tahu Anda merek dan model motherboard Anda.

  1. Ketik informasi sistem pada bilah pencarian Windows. Windows akan memuat hasil pencarian bahkan sebelum Anda selesai mengetik istilah pencarian.
  2. Tekan Enter atau klik ikon aplikasi Sistem Informasi . The Sistem Informasi ikon aplikasi terlihat seperti sebuah komputer dengan layar biru dengan huruf “i” di tengah. 
  3. Menekan Enter atau mengklik ikon aplikasi akan membuka bagian Ringkasan Sistem secara default.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang cek spek computer semoga bermanfaat, terimakasih

KONTAK REDAKSI

Media Infofinansial.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : Infofinansial@gmail.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top