EKONOMI

BI Perpanjang Penyesuaian Jam Operasional Sampai Akhir Juni

Bank Indonesia memutuskan memperpanjang masa penyesuaian jam operasional. (Foto : Instagram @kikyperdian)

Infofinansial.com, Jakarta – Kasus positif virus corona masih tinggi, Bank Indonesia (BI) memutuskan memperpanjang masa penyesuaian jam operasional serta pelayanan publik hingga Selasa (30/6/2020). Kebijakan itu diambil setelah mempertimbangkan masih tingginya penularan virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (covid-19) di Indonesia.

Mengutip laman resmi BI, Senin (15/6/2020), Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko menyebutkan, penyesuaian jam operasional itu seharusnya selesai hari ini, Senin (15/6/2020). Tetapi, mencermati perkembangan penyebaran virus yang disebut-sebut berasal dari Wuhan, Hubei, China itu, BI memperpanjang kebijakan penyesuaian jadwal kegiatan operasional dan layanan publik.

“Sebelumnya berakhir 15 Juni 2020, tetapi diperpanjang menjadi 30 Juni 2020. Kegiatan operasional tetap mengacu pada kebijakan sebelumnya,” katanya.

Bank sentral Indonesia memastikan, perpanjangan kebijakan tersebut ditempuh dengan memerhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat, serta hasil koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pelaku industri keuangan. Dalam masa prakondisi kenormalan baru, kebijakan operasional BI akan mempertimbangkan upaya peningkatan kegiatan produktif secara bertahap dengan senantiasa memerhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Untuk itu, BI mengimbau industri keuangan khususnya perbankan agar menanamkan gerakan gaya hidup baru (new lifestyle) di era kenormalan baru dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19. Termasuk dalam rangka pelaksanaan tugas, khususnya di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini.

Penting dicatat, penyesuaian yang di maksud berlaku untuk kegiatan operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS). Juga Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP), ditambah kegiatan Operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Untuk layanan setoran dan penarikan bank (operasional kas) dari yang sebelumnya beroperasi pukul 08.00-12.00 WIB menjadi 08.00-11.00 WIB. Transaksi Operasi Pasar Terbuka (OPT) Rupiah dan Operasi Moneter Valas (OM Valas) yang awalnya beroperasi pada 08.00 – 16.00 WIB, sekarang menjadi pukul 09.00 – 15.00 WIB. (ten)

KONTAK REDAKSI

Media Infofinansial.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : Infofinansial@gmail.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
WhatsApp chat