FINANSIAL

Serapan Anggaran Kalteng Baru 40 Persen

Penjabat Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri.

Infofinansial.com, Palangka Raya – Penjabat Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri mengakui serapan anggaran di lingkungan Pemerintah Provinsi hingga sampai Agustus 2018 baru sekitar 40 persen.

Minimnya serapan tersebut harus mendapat perhatian serius dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SOPD) untuk lebih memacu berbagai program ataupun kegiatan yang berkaitan dengan anggaran, Fahrizal di Palangka Raya, Selasa (28/8/2018).

“Seharusnya serapan anggaran di minggu terakhir di bulan Agustus 2018 sudah diatas 40 persen, tapi kondisi di lapangan masih relatif kecil. Ini yang harus disikapi secara serius,” ucapnya.

Menurut pria yang menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalteng itu, rendahnya serapan dapat berdampak pada terjadinya penumpukan anggaran di akhir tahun. Apabila itu terjadi, maka program yang telah disusun untuk tahun 2019 juga akan terganggu.

Fahrizal pun berharap agar penyerapan anggaran tersebut dapat terus dipacu dan dipercepat lagi dengan menjalankan kebijakan yang telah dibuat sebelumnya. SOPD juga harus terus berinovasi dan melakukan berbagai inisiatif.

“Serapan anggaran itu sangat panting dan selalu menjadi perhatian. Kami pun akan terus menagih, khususnya kepada Kepala SOPD yang banyak mengelola anggaran agar target penyerapan anggaran dapat terpenuhi,” kata dia.

Apalagi, lanjut dia, Pemprov bersama DPRD Kalteng sedang dilakukan pembahasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) untuk tahun 2019. Diharapkan seluruh kegiatan yang dilaksanakan tahun ini menjadi bagian daripada evaluasi untuk penyusunan kegiatan 2019.

“Dalam penyusunan 2019, pastikan kegiatan yang menyentuh pada aspek kebutuhan dan pelayanan masyarakat, sehingga semua bentuk kegiatan yang dilaksanakan nanti bisa dirasakan langsung,” demikian Fahrizal. (jay)

KONTAK REDAKSI

Media Infofinansial.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : Infofinansialcom@gmail.com dan redaksi@Infofinansial.com atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top